MY View

Based on my opinion

Jenis-Jenis Merchandise Promosi untuk Bisnis dan Pemilu (bahan referensi)

Mengingat pentingnya peran promosi dalam bisnis dan pemilu, para pengusaha atau pebisnis dan calon legislatif perlu memperhatikan aspek promosi untuk menginformasikan produk dan jasa yang ditawarkannya. Tak hanya itu, promosi berfungsi sebagai pengingat agar khalayak selalu menempatkan merek sebagai pilihan utama. Nah, agar orang bisa selalu mengingat merek suatu perusahaan / perorangan, maka diperlukan suatu media yang bisa menampilkan logo perusahaan / citra perorangan, yaitu merchandise promosi.


Macam-Macam Merchandise Promosi


Merchandise mempunyai banyak jenis, model terbaru, serta variasi bentuk yang unik dan lucu dengan harga grosir maupun eceran. Umumnya, agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah, diskon atau potongan harga, maka sobat harus memesan merchandise dalam jumlah yang banyak.

Merchandise - Kaos Promosi


Gambar: kaos promosi

Kaos merupakan jenis pakaian yang sangat populer di kalangan masyarakat dan disukai oleh segala jenis usia mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Selain sebagai alat penutup tubuh, kaos menjadi bagian dari fashion yang mencerminkan gaya hidup (lifestyle) seseorang.

Tak salah, jika kaos dapat dimanfaatkan untuk aktivitas promosi perusahaan. Caranya, yaitu dengan menampilkan logo perusahaan disertai dengan teks atau gambar pendukung yang menarik sebagai souvenir yang biasanya dibagikan secara gratis atau cuma-cuma pada event-event tertentu.

Jenis-jenis kaos promosi bermacam-macam. Yang paling populer dan sering dipakai yaitu kaos oblong (t-shirt) promosi dan kaos polo. Melalui kaos oblong, perusahaan dapat menampilkan logonya dengan teknik sablon maupun bordir dengan bahan yang enak dan nyaman dipakai.

Merchandise - Tas Promosi


Gambar: tote bag

Media lain yang dapat digunakan untuk kegiatan branding perusahaan yaitu tas promosi. Tas merupakan media yang sangat banyak kegunaannya. Selain sebagai alat untuk menyimpan barang, tas bisa menjadi media promosi yang efektif. Padaevent-event perusahaan, tas promosi sering dipakai dengan menggunakaan berbagai jenis dan bahan yang bervariasi.

Bahan-bahan tas promosi yang banyak digunakan dengan harga yang terjangkau misalnya tas goodie bag dengan bahan spunbound, flexi, kain blacu, kain kanvas, dan furingGoodie bag adalah salah satu jenis tas promosi yang populer karena sangat praktis dan mampu memuat barang yang banyak. Jenis tas promosi lain yaitu paper bag dengan bahan utama kertas samson, kraft atau art carton.

Merchandise - Jam Promosi


Gambar: jam dinding promosi

Fungsi utama jam yaitu sebagai penunjuk waktu yang ditempelkan di dinding, diletakkan di meja atau dipakai sebagai jam tangan. Karena fungsinya yang sangat vital, jam bisa menjadi media promosi yang efektif. Umumnya, jam promosi yang biasa dipakai yaitu jam dinding atau jam meja dengan menampilkan logo perusahaan di bagian dalamnya.

Jam promosi mempunyai berbagai macam variasi bentuk yang unik dan menarik sebagai hiasan atau dekorasi ruangan. Model-model jam promosi bisa sobat pilih dan tentunya disesuaikan dengan selera dan budget pemasaran.

Merchandise - Flash Disk/USB Promosi


Gambar: flashdisk promosi

Dalam dunia bisnis, perkantoran maupun pendidikan, alat penyimpan data dengan bentuk yang kecil ini sangat bermanfaat. Flash disk atau USB sering dipakai dalam berbagai kesempatan terutama yang berkaitan dengan aktivitas penyimpanan atau transfer data. Bentuknya yang relatif kecil membuat flash disk mudah disimpan dan dibawa ke mana saja.

Mereka yang memakai flash disk adalah audiens yang banyak menggunakan komputer atau laptop dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya di perkantoran, flash disk merupakan media yang tak bisa dilupakan. Oleh karena itu,flash disk menjadi media promosi yang efektif bagi audiens dengan latar belakang profesi sebagai pekerja profesional, pekerja kantoran, anak sekolah atau mahasiswa.

Merchandise - Kipas Promosi


Gambar: kipas promosi

 Kipas promosi adalah media yang bisa menjadi alternatif untuk kegiatan promosi perusahaan. Jenis kipas yang dimaksud adalah kipas tangan yang ringan dan bisa dibawa kemana saja. Tak cuma sebagai alat untuk menghasilkan angin, kipas promosi merupakan media promosi yang bisa digunakan pada event-event perusahaan.

Kipas promosi dengan bahan yang berkualitas memiliki berbagai macam bentuk dan model yang unik, misalnya plastic hand fan yang berbahan dasar plastik yang sangat ringan. Jenis kipas promosi yang lain, yaitu folded hand fan yang terbuat dari bahan kertas yang bisa dilipat.

Merchandise - Bolpoin Promosi


Gambar: bolpoin

Pada event-event seperti seminar, konferensi, meeting, atau pameran, bolpoin merupakan media promosi yang tak bisa dilupakan. Selain bermanfaat untuk menulis, bolpoin promosi sangat relevan dan bisa dipakai oleh siapa saja. Tak heran, media promosi yang satu ini banyak dimanfaatkan oleh perusahaan untuk mempopulerkan namanya.

Bolpoin promosi memiliki berbagai jenis dan bentuk dengan warna yang sangat beragam. Ada jenis bolpoin yang dilengkapi dengan tali yang bisa digantung di leher dan banyak pula jenis lainnya. Sebagai media promosi, bolpoin tersebut tentu harus menampilkan logo perusahaan yang dicetak dengan teknik sablon atau ditempeli stiker.

Merchandise - Payung Promosi


Gambar: payung promosi

Payung tak cuma sebagai pelindung panas maupun hujan. Media ini adalah alternatif yang dapat dipakai untuk media promosi yang efektif. Payung promosi merupakan salah satu bentuk merchandise yang dibagikan kepada audiens padaevent-event perusahaan.

Jenis-jenis payung promosi yaitu payung lipat, payung golf, dan payung parasol dengan bahan polyestersilver atau nylon. Payung promosi dilengkapi dengan rangka ruji dan pegangan (handle) dari kayu atau plastik. Pencetakan logo perusahaan bisa memakai teknik sablon atau menggunakan mesin cetak untuk gambar full color.

Merchandise - Handuk Promosi


Gambar: handuk promosi

Handuk merupakan alat yang biasa dipakai untuk membersihkan dan mengeringkan tangan dan badan. Jenis-jenis handuk bermacam-macam tergantung fungsi dan kegunaannya. Misalnya, handuk wajah, handuk tangan, handuk dapur, handuk kimono, handuk keset, dan handuk handuk golf. Macam-macam handuk tersebut dapat dilengkapi dengan logo perusahaan sebagai media promosi.

Untuk media promosi, handuk menggunakan bahan katun yang memiliki daya serap yang tinggi. Pilihlah jenis bahan katun yang ringan dengan tekstur yang lembut agar nyaman ketika dipakai untuk membersihkan tubuh. Jenis usaha yang sesuai untuk media promosi handuk yaitu bisnis hotel dan penginapan, restoran dan kafe, fitness centre/gym, salon dan spa kecantikan, agen perjalanan (travel agent), atau instansi/lembaga pemerintah.

Merchandise - Jaket Promosi


Gambar: jaket promosi

Jaket adalah jenis pakaian yang sangat populer dan cocok untuk segala usia. Oleh karena itu, jaket bisa bisa menjadi media yang efektif untuk memperkenalkan dan mempromosikan merek atau perusahaan. Selain dipakai oleh perusahaan atau lembaga, jaket promosi juga banyak digunakan oleh komunitas tertentu, misalnya komunitas motor atau mobil, komunitas hobi, komunitas olahraga, dan komunitas musik.

Jenis-jenis bahan dan model jaket promosi sangat bervariasi. Contohnya jaketvarsity, jaket jeans, jaket fleece, jaket casual, jaket kantor, sweater, jaket motor, dan sejenisnya. Untuk itu, sobat perlu merancang model jaket promosi dengan desain yang bagus dan keren serta mempertimbangkan bahan yang enak dan nyaman dipakai.

Merchandise - Topi Promosi


Gambar: topi promosi
Topi, media ini dipakai sebagai penutup kepala yang melindunginya dari panas matahari. Selain itu, topi juga berguna sebagai aksesoris agar orang bisa tampil gaya (fashion) yang melengkapi penampilan. Dalam berbagai kesempatan, topi adalah alat yang harus dipakai secara resmi misalnya dalam upacara bendera di sekolah.

Nah, karena sangat bermanfaat, topi dapat menjadi alternatif pilihan untuk media promosi. Jenis-jenis dan model topi disesuaikan dengan selera dan kebutuhan. Contohnya topi trucker, topi pantai, topi kampanye, topi olahraga, topi golf, topi koki, topi polos, dan sejenisnya.


Merchandise - Mug/Gelas Promosi


Gambar: mug promosi

Mug adalah semacam gelas atau cangkir yang berfungsi sebagai tempat minum. Bedanya dengan gelas biasa, mug berkesan lebih eksklusif dan memiliki ciri khusus yaitu pegangan yang memudahkan orang ketika hendak meminum air minum yang hangat atau panas. Bahan yang dipakai untuk pembuatan mug bermacam-macam, misalnya dari keramik, stainless steel, dan kaca.

Mug promosi dicetak dengan menggunakan mesin sablon manual maupun digital untuk menyertakan logo perusahaan. Selain sebagai tempat minum, mug juga biasa dipakai sebagai souvenir yang dipakai untuk pajangan yang menghiasi ruangan dan diletakkan di lemari kaca atau rak. Jenis-jenis mug promosi di antaranya yaitu: mug standar, mug v-shape, mug doughnut, mug korning, mug nescafe, mug olala, mug olulu, mug cinta, mug juice, mug piala, dan sejenisnya.

Merchandise - Pin Promosi


Gambar: pin promosi
Pin atau dikenal juga dengan sebutan bros merupakan alat yang digunakan sebagai aksesoris. Media promosi ini umumnya ditempelkan pada pakaian atau tas dengan penjepit atau peniti. Pin sering digunakan untuk keperluan promosi perusahaan, kampanye sosial, kampanye pilkada atau kampanye pemilu.

Pin promosi umumnya berbentuk lingkaran dan sering dipakai karena harganya cukup murah dengan berbagai macam desain yang unik dan menarik.

Merchandise - Gantungan Kunci Promosi


Gambar: gantungan kunci promosi

Media promosi berupa gantungan kunci berfungsi sebagai dekorasi atau hiasan. Desain gantungan kunci bisa bervariasi dengan bahan karet, besi, dan akrilik. Umumnya, gantungan kunci promosi dapat dipesan dengan jumlah ratusan untuk menghemat biaya produksi.

Jenis-jenis merchandise promosi di atas dapat dikombinasikan antara satu dengan yang lain untuk memaksimalkan pemasaran. Yang pasti, sesuaikan juga antara kebutuhan, audiens, dan anggaran promosi perusahaan.



0 comments:

Post a Comment

Jenis-Jenis Merchandise Promosi untuk Bisnis dan Pemilu (bahan referensi)