MY View

Based on my opinion

Smart City untuk Indonesia

Apa itu Smart City? Secara singkat Smart city adalah konsep pengelolaan dan tata kota secara efisien. Indonesia, salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar, tentu banyak memiliki masalah pengelolaan kota yang perlu diatasi secara efisien. Penerapan Smart City ini bisa jadi salah satu solusi masalah tersebut.
Smart saja tidak cukup. Smart city harus memiliki tanggung jawab lebih, smart city harus mengakomodasi kebutuhan namun juga mesti ramah lingkungan. Itulah mengapa di Indonesia khususnya, kesadaran membangun smarter citymenjadi penting diwujudkan.


Smart city menggunakan pola saling terhubung yang membuat pemanfaatan energi, air, lingkungan, serta material lain dilakukan secara efisien. Kata lainnya, tantangan yang dihadapi adalah untuk menciptakan kehidupan sebuah kota yang berkualitas pun berdampak positif.
Namun perlu dipahami pula bahwa keterhubungan yang membuat sebuah kota menjadi lebih cerdas kadang juga bisa menjadi hambatan bagi pembangunan yang ramah lingkungan. Untuk mengatasi masalah yang berpotensi muncul, sebuah kota harus memiliki blueprint yang jelas. Smart city butuh untuk membangun hubungan kuat dengan entitas yang akan menggunakan fasilitasnya. Entitas di sini termasuk publik, pribadi, akademis, serta sektor sosial.  
Sebuah smart city yang berkelanjutan akan bisa memotivasi entitas tersebut untuk bekerja sama dan melakukan kolaborasi serta mencari alternatif-alternatif baru pemecahan masalah yang ada. Aspek ini akan semakin membuat kota cerdas mampu memanfaatkan setiap potensinya sehingga berjalan optimal.
Smarter city untuk Indonesia
Proyek mewujudkan smart city di Indonesia terus bergaung. Satu persatu kota besar berbenah supaya tujuan itu bisa dicapai. Istilah “revolusi mental” yang diutarakan oleh Presiden Jokowi pun ikut andil dalam pengembangan progresifsmart city. Indikator sederhananya, sebuah smart city bisa mengurangi penggunaan kertas (paperless) dalam kegiatan sehari-hari, memangkas proses birokrasi yang berbelit-belit, terciptanya efisiensi waktu, hingga pengurangan penggunaan uang tunai.
Revolusi mental membantu hal-hal dasar itu untuk terwujud. Publik secara berkelanjutan akan terus diarahkan supaya semua pekerjaannya mengacu pada konsep kota yang mengimplementasikan sistem dan teknologi informasi. Tujuannya positif, yaitu mewujudkan sebuah kota cerdas dan menciptakan kenyamanan bagi penggunanya dengan memberikan keuntungan di banyak sektor.
Ada empat segmen yang telah dirumuskan untuk mewujudkansmart city, yaitu pendidikan, layanan pemerintah, industri transportasi dan logistik, serta industri gaya hidup.
Pemilihan empat fokus utama tersebut tidak bisa dipisahkan dari dominasinya di masyarakat modern. Pendidikan memegang peranan penting dalam membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang menjalankan, akan menjalankan, maupun menggunakan fasilitas yang ada. Selanjutnya, berbagai aktivitas di sebuah kota tidak akan optimal apabila birokrasinya buruk, oleh karena itu peningkatan kualitas layanan pemerintah memegang peranan penting di sini. Lalu, industri juga memiliki porsi signifikan di dalam ekosistem smart city. Industri transportasi dan logistik berkaitan dengan mobilitas dan akses ke berbagai keperluan, jelas aspek ini memerlukan perhatian khusus dalam pengembangannya. Sedangkan industri gaya hidup menjadi penopang pendapatan dan kegiatan ekonomi yang tinggi guna terus menjalankan roda smart city.
Mewujudkana konsep Smart City harus didukung dengan pemanfaatan teknologi yang tepat. Kota Barcelona di Spanyol bisa menjadi acuan dalam pengembangan teknologi Smart city. Berikut tujuh teknologi yang berhasil diterapkan di Barcelona dan bisa di adopsi negara kita.
  1. Layanan “Telecare” bagi Lansia dan warga disabilitas

Barcelona sangat peduli pada layanan Lansia usia diatas 75 tahun serta warga disabilitas. Layanan Telecare merupakan bentuk usaha mereka untuk meningkatkan kemandirian dan kualitas hidup kelompok warga ini.
Teknologi yang digunakan pada Telecare adalah pemasangan perangkat digital dirumah. Perangkat tersebut langsung terhubung ke layanan telpon Call Center. Layanan Call Center siap 24 jam memberikan segala bantuan bahkan melakukan kontak berkala agar mereka tidak kesepian. Layanan Call Centerjuga terhubung ke layanan lain misalnya dokter atau ambulan. Total sudah ada 70.000 orang yang menggunakan layanan ini di Barcelona.
  1. Smart Trafic Light, solusi bagi penyebrangan darurat dan warga disabilitas

11-02-7 teknologi Barcelona - traffic lightPemanfaatan teknologi juga diterapkan di jalan raya. Trafic light memiliki remote untuk bisa diubah menjadi mode suara. Sangat membantu orang buta untuk menyebrangi jalan. Ketika ada pemadam kebakaran atau kondisi darurat, sistem bisa mengetahui dan mematikan trafiic light demi kelancaran perjalanan. Sistem akan kembali normal ketika kondisi darurat sudah lewat.
  1. Barcelona Wifi, Internet gratis disetiap sudut kota

11-02-7 teknologi Barcelona - wifi
Akses internet saat ini jadi kebutuhan penting, terutama bagi warga kota. Untuk itu pemerintah Barcelona memberikan layanan wifi gratis di setiap area. Total ada 461 access point yang menjadikan Barcelona kota dengan akses wifiterbesar.  Warga atau wisatawan bisa mengakses internet dengan kecepatan tertentu serta mendapatkan informasi terbaru mengenai kota Barcelona secara gratis.
  1. Telemanaging irrigation, sistem cerdas untuk pengairan kota

11-02-7 teknologi Barcelona - watering
Teknologi pengatur sistem irigasi kota dalam perangkat tablet pc. Teknologi ini bertujuan mengoptimalkan pemanfaatan air agar efisien. Alat pengairan terhubung dengan sensor dan remot kontrol, supaya bisa diakses kondisinya dimanapun dan kapanpun.
Dengan sensor tersebut, staff kebun cukup memeriksa kondisi tanaman dan pengairannya melalui tablet pc. Pengaturan jumlah air yang disiram juga bisa diatur melalui tablet pc. Ketika hujan sistem irigasi akan berhenti secara otomatis.
  1. MobileID, sistem identitas digital

11-02-7 teknologi Barcelona -mobile id
Cukup mengunduh aplikasi MobileID, warga Barcelona bisa mendapatkan identitas digital di smartphone ( IOs atau Android). Identitas ini berguna menggantikan kartu identitas konvensional. Bisa bermanfaat untuk melengkapi data administrasi di dewan kota, misalnya membutuhkan salinan dokumen pajak, mendaftar sensus, menemukan mobil yang ditilang. Sangat memudahkan karena semua sistem sudah terintegrasi dengan MobileID.
  1. Barcelona Open Government, penerapan teknologi bagi sistem pemerintahan yang transparan

11-02-7 teknologi Barcelona - opengovernment
Sebagai bagian dari negara demokrasi, Barcelona juga menerapkan sistemOpen Government. Mereka memanfaatkan teknologi berupa website berisi data transparan kinerja pemerintahan. Warga bisa menyampaikan ide dan masukan dengan mengajukan proposal melalui website. Ide dan proposal yang masuk akan di periksa dewan kota. Terdapat sistem vote yang terintegrasi, untuk menentukan jumlah dukungan dari warga pada tiap usulan.  Sistem Open Datajuga diterapkan pada data pemerintahan.
  1. School routes, agar siswa aman berangkat sekolah

11-02-7 teknologi Barcelona -school rute
Program ini adalah pembuatan rute jalan kaki bagi siswa untuk berangkat dan pulang sekolah. Siswa yang berjalan kaki akan mendapatkan jaminan keamanan karena program ini juga bekerja sama dengan beberapa instansi, diantaranya polisi. Rute yang dibuat membantu mengenalkan lingkungan kesiswa. Pembelajaran dan penanaman kesadaran lalu lintas juga diterapkan ke siswa melalui program ini.
Lets build smarter city!
sumber : link berikut




0 comments:

Post a Comment

Smart City untuk Indonesia