MY View

Based on my opinion

Kande. Group Band Asal Aceh

Ya. inilah group band lokal bercita rasa internasional yang mendunia asal Nanggroe Aceh Darussalam.
Alunan musik dan syair-syairnya sangat mengagumkan.
we present you....
K   A   N   D   E




Kande adalah group musik asal Aceh. tepatnya group musik etnik aceh.



kata Kande berasal dari bahasa Aceh yang berarti "Lampu Gantung". Lampu ini mempunyai sembilan sumbu yang menjadi penerang bagi masyarakat yang pada saat itu berada dalam keadaan gelap gulita didera konflik yang berkepanjangan..

Berangkat dari kegelisahannya pada musik Aceh yang jauh dari dasar tradisi, Rafly (Vokalis) dan beberapa temannya mendirikan grup musik yang mengkolaborasikan alat musik tradisional Aceh, seperti surune kalerapa-i, dan tambo dengan alat musik modern.

Rapa-i dalam bahasa indonesia lebih di kenal dengan rebana. Rapa-i yang dimainkan dengan cara dipukul ini memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan jenis musik yang menggunakannya. Alat musik ini kerap dimainkan dalam pentas seni Aceh yang menampilkan jenis-jenis musik khas Aceh, seperti rapa-i geleng,rapa-i geurimphengrapa-i debus, dan lain-lain. 



Surune kale adalah sejenis alat musik tiup seperti halnya seruling. Yang unik dari alat musik ini adalah suara yang dikeluarkan tidak putus-putus sampai akhir dari permainan alat musik ini sendiri, dalam arti kata alat musik ini bisa mengeluarkan suara baik dihisap ataupun ditiup.


Tambo adalah alat musik pukul. Biasanya berukuran besar dan juga memiliki tabung gendang yang panjang dan dibuat dari kayu jati yang kokoh. Suaranya pun bergema besar.



“Tahun 2000 saya ajak 
adek-adek (adik-adik) ini buat grup Kande. Setelah buat Kande saya buat juga solo saya. Paket materi Kande dan solo ini berbeda, baik secara musikal maupun secara esensi syair-syairnya. Kalau musikal solo mungkin lebih mudah, lebih ringan. Tapi kalau Kande mungkin lebih agak sedikit butuh tenaga ekstra untuk membuat komposisi musik dan liriknya,”  
-Rafly-



Pada awalnya personil Kande terdiri dari Rafly (vokal), Zulkifli (surune kale), Alul (gitar), Amir (bass), Iyan (drum), Munjir (keyboard), Kiki (rapa’i I), Puput (rapa’i II), dan Papi (rapa’i III). Namun, saat ini formasi mereka sedikit berubah, dengan bertambahnya pemain rapa-i dari tiga menjadi lima orang dan pergantian beberapa pemain alat musik modern.

Formasi terakhir mereka adalah Rafly (vokal), Zulkifli (genderang, surune kale), M. Rafiqi (rapa-i), Ferdiansyah (rapa-i), Fadhlul Sunni (gitar elektronik), Munzir (bass), dan Alfian (drum) didukung oleh Deddy Andrian (gitar akusitik), Zulfikar (rapa-i), Ishlahuddin (rapa-i), dan Armia (rapa-i) serta Chairiyan Ramly yang menjabat sebagai manager dan juga backing vokal.

Kande sangat bangga bisa memberikan sumbangsi bagi musik Aceh.


Kande Aceh sering mendapat penghargaan berkelas internasional. salah satunya pernah meraih penghargaan best performance dan mendapatkan penghargaan berupa Herald Angel Award 2015 pada Edinburg Fringe Festival, Skotlandia. 







0 comments:

Post a Comment

Kande. Group Band Asal Aceh