Pernahkah anda pergi ke supermarket untuk hanya
membeli beberapa barang namun malah pulang dengan keranjang belanjaan yang
penuh? Tidak usah heran, karena sebenarnya supermarket diam-diam melakukan beberapa trik ini agar semangat belanja anda berkobar hebat. Trik apa sajakah itu?
1. Tulisan SALE atau Discount atau ‘beli 3 gratis 1.
Jujur saja siapa sih yang tidak terpacu semangat
belanjanya ketika melihat tiga tulisan tersebut dipajang besar-besaran
2. Keranjang belanja
Keranjang belanja bukan hanya alat untuk membantu
membawa barang belanjaan, tanpa sadar dengan bentuk keranjang belanja yang
semakin besar membuat anda semakin terpancing untuk berbelanja barang berukuran
besar
3. Musik Supermarket
Secara tidak langsung akan membuat orang berjalan
lebih lambat (enjoy) dan berbelanja lebih banyak
4. Letak Counter Roti / buah
Ada alasan kenapa counter roti atau buah berada di
bagian paling depan, konon wangi dari roti atau buah bisa meningkatkan semangat
belanja anda.
5. Barang kebutuhan pokok di belakang
Biasanya barang kebutuhan pokok diletakkan
dibelakang agar anda “dipaksa” melewati lorong-lorong barang lain. Mungkin ini
sebabnya makanan instan seperti mie diletakkan di bagian belakang supermarket.
6. Permen-permen di dekat kasir
Ini trik yang digunakan supermarket untuk mengecoh
kebosanan pelanggannya ketika pengunjung antri membayar lama supaya tergoda
mengambil permen yang berwarna warni tsb. dan bisa jadi, targetnya adalah anak-anak yang berbelanja dengan keluarganya (mudah dijangkau mereka)
7. Kartu Member dengan poin Hadiah menarik
Ya. Inilah tekhnik jitu supermarket menyedot uang
belanjaan pelanggannya tanpa disadari. Memang ini layaknya simbiosis mutualisme
(saling menguntungkan). Namun, kebanyakan tekhnik seperti ini lebih
menguntungkan pihak supermarket menarik pelanggan setianya supaya belanja lebih
banyak.
8. Menempatkan SPG cantik di bagian produk perawatan
tubuh dan Susu bayi. (disertai hadiah dari produknya).
Trik supermarket agar pelanggannya belanja dengan
disertai penjelasan meyakinkan mengenai produk tertentu. Sehingga pelanggan
tertarik untuk belanja barang tersebut. Walaupun barang tersebut ‘agak’ sedikit
mahal. Pengunjung pun akan terpengaruh kemolekan SPG yang menjaga stand
produknya itu.
9. Ubin (Lantai) Supermarket di buat tidak terlalu lebar
Hal ini bukan perbuatan sia-sia, ini semua ada
rahasianya yakni membuat orang-orang berjalan lebih lambat untuk memilih dan
melihat-lihat produk sehingga belanja lebih banyak.
10. Suhu AC yang nyaman, bersih dan tata letak serta pencahayaan yang menarik
Orang-orang akan nyaman berbelanja di supermarket
tsb dan lebih fokus memilih produk yang ingin di beli. Terutama dengan lampu sorot
berwarna kuning, bakalan membuat pelanggan tertarik untuk membeli produk
tersebut. pilihan produk pun beraneka ragam dengan tata letak yang sesuai dan menarik, menyebabkan orang-orang yang pergi ke supermarket pasti belanja banyak.
11. Iklan di dalam Supermarket
Dengan banyaknya iklan, pengunjung akan secara
terus-menerus terpengaruhi iklan untuk berbelanja produk tersebut. Bahkan televisi
supermarket pun isinya iklan semua. Hal ini di gunakan supermarket supaya
orang-orang berbelanja lebih banyak di supermarketnya.
12. Angka Harga yang menipu
harga : Rp. 29.900-. berbeda dengan harga Rp. 30.000-. nah inilah yang menyebabkan pelanggan tertarik berbelanja lebih. mengira dapat berhemat sekian kali. padahal tidak. itu hanya trik supermarket dalam menggaet pelanggannya.
Save Traditional Market !
Thank for this article! Also visit here https://www.bizop.org/
ReplyDelete