MY View

Based on my opinion

Berita di Yahoo.id 'tidak mendidik' (baca:Sampah)

Ada 4 syarat standar kelayakan berita: penting, menarik, aktual, dan faktual. Namun yahoo.id cenderung menampilkan berita yang vulgar dan kurang layak di jadikan headline pemberitaan di laman webnya.



Terlepas dari benar atau tidaknya berita yang di tampilkan yahoo indonesia di laman webnya, Yahoo indonesia sebenarnya telah menanamkan citra yang tidak baik bagi pengunjung laman webnya itu sendiri.Hal ini disebabkan tayangan 'link' berita tidak senonok dari sumber-sumber terpercaya namun tidak jelas yang di tampilkan yahoo.id di 'newsfeed' nya.

Beritanya terlalu unik memang... dapat meningkatkan rating pengunjung yahoo indonesia.
Namun, apakah berita yang ditayangkan memenuhi nilai-nilai etika dan budaya ketimuran?

Kami berharap ke depan, berita yang di tampilkan di Yahoo.id menampilkan berita yang informatif, bermanfaat, dan tidak ada unsur vulgar (baca : pornografi level 2).

Berita bukanlah sekadar peristiwa yang terjadi, juga bukan sekadar pernyataan seseorang. Beribu peristiwa bisa terjadi setiap saat, dan berjuta orang bisa angkat bicara setiap waktu,  namun tentunya tak semuanya bakal layak diberitakan.  Hanya sebagian kecil saja yang memenuhi syarat untuk disiarkan atau pun dipublikasikan.
Itulah sebabnya, memilih kejadian atau opini untuk dijadikan berita tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Proses pemilihannya tidak bisa asal-asalan. Tidak bisa asal comot, tidak bisa asal ambil. Tidak bisa asal peristiwa, juga tidak bisa asal pernyataan. Ada syarat kelayakan, juga ada proses ketat di dalam memilihnya.
Menimbang itulah, maka berita dapat dimaknai sebagai informasi terpilih yang layak dipublikasikan atau disiarkan kepada khalayak, baik itu sesuatu yang penting atau sesuatu yang dinilai menarik untuk diketahui masyarakat.

Untuk media profesional, kasus semacam ini tak seharusnya terjadi. Karena selain melakukan pembodohan publik, juga merusak kredibilitas dan reputasi medianya.
Contoh berita di yahoo yang terlalu joss :

Asal comot.
Yahoo.id malas nyari berita baik
Polwan bercinta di dalam mobil?? EGP !
(Emang gue pikirin)

Orang ciuman dijadikan berita.
Liputan6 memang joss cari berita!!

Semua sudah jadi konsumsi publik
"Main sama saya, barang saya gede".
merupakan kata-kata pemberitaan media yang bodoh serta tidak mendidik
 

Demi mendapatkan perhatian dan meningkatkan rating pembaca, Media yang sering menayangkan berita-berita provokatif di yahoo.id seperti itu adalah: The winner is....
Saya sangat menghargai konstribusi tribun news memberitakan kejadian-kejadian terkini buat indonesia. Namun, saya sebagai orang indonesia sedih melihat tayangan media yang memberikan berita-berita yang tidak berbobot dan tidak senonoh seperti itu. :(
Save News !!
PWI cepat bertindak !!!





0 comments:

Post a Comment

Berita di Yahoo.id 'tidak mendidik' (baca:Sampah)