MY View

Based on my opinion

Info : Berobat Ke Penang, Malaysia


Penang, Malaysia, terkenal dengan wisata medis (medical tourism) – nya.  Mengapa Penang menjadi pilihan untuk berobat? Banyak alasan masyarakat memeriksakan kesehatannya di rumah sakit Penang. 


Pertimbangan utamanya, banyak terdapat rumah sakit bagus di kota tersebut. Selain itu, Penang relatif dekat dan mudah dijangkau, kotanya tidak terlalu besar, lalu-lintasnya cenderung tidak macet, biaya hidup lebih murah dibandingkan dengan Singapura, selain suasana masyarakat yang mirip dengan Indonesia.


Buat yang mau berobat ke negeri seberang khususnya Penang,Malaysia. dan masih binggung gimana kesana. berikut berikut info bagaimana berobat kesana :

Pertama, rencanakan dulu rumah sakit mana yang akan dituju di Penang.  Di Penang ada banyak Rumah Sakit lohh ada Adventist, Island Hospital, Glen Eagles, Lam Wah Ee, Loh Guan Lyeh dan lain – lain.


Kedua, setelah itu pesanlah tiket Pulang-Pergi, Kalau sudah tau berapa lama pulangnya maka silahkan tetapkan tanggal tapi jika tidak tau maka buat lah tiket pulang dengan flexible date.  Maskapai Penerbangan yang ke Penang itu banyak ada Air Asia, Lion, Sriwijaya dan lain-lain, harganya juga mulai dari tiket promo yang 100 ribuan sampai 500an (itu dari Medan, yang di Kota lain silahkan cek sendiri). Saran : carilah tiket paling pagi, jadi dari bandara bisa lansung ke Rumah Sakit.


Ketiga, Kalau semua tiket udah beres saatnya berangkat, buat yang baru pertama kali keluar negeri, saat di bandara upayakan passport selalu di tempat yang mudah dijangkau karena pengecekan menggunakan passport.  Jangan membawa minuman berlebihan nanti pas lewat X-ray disuruh buang. Biasanya petugas imigrasi di Medan suka tanya-tanya mau ngapain ke sana, jawablah sebisanya dan seyakin – yakinnya. Nah setibanya di Penang pihak imigrasi juga akan bertanya rumah sakit tujuan, trus kadang-kadang suka minta nunjukin tiket pulang kita, siap – siap aja ya.


Keempat, Nah buat yang sudah di ngelapor untuk di jemput di bandara silahkan deh perhatiin nama – nama nya pas keluar bandara biasanya udah di cantumin tuh. Sebelum kesana biasanya ada perwakilan untuk rumah sakit tuh untuk RS LWE perwakilannya ada di S.Parman No 50, Medan silahkan daftar untuk minta di jemput (tentunya menunjukan tiket dan passport) Nah tapi buat yang tidak dijemput ada 2 alternatif untuk Rumah Sakit dengan taxi. - letak counternya itu keluar bandara langsung ke arah kanan-. ada counter taxi biayanya sekitar RM 30 – 40  (RS Lam Wah Eh yaa)(1RM = +- Rp 3200). atau bisa dengan alternative naik bus -letaknya ada di seberang jalan di sudut kiri - disitu ada halte yang menuju ke KOMTAR biayanya sekita RM 2 - 4  dari KOMTAR naik lagi ke arah Rumah Sakit kalo ke RS LWE yang arah ke batu lancang ongkosnya 1 – 3 RM. Tapi buat yang baru kesana dan ga punya nyali naik bus silahkan naik taxi aja. Heheheh


Kelima, setelah sampai dirumah sakit LWE. Silahkan langsung masuk kedalam Lobby kemudian kalian akan melihat begitu banyak orang yang membawa koper. Terus  silahkan ambil nomor antrian,  karena anda pasien baru pencet warna Merah. kalau bingung akan selalu ada petugas yang berada di samping mesin antrian  dan akan bertanya kamu pasein baru atau lama. Setelah medapat nomor antrian silahkan menunggu sampai nomor yang tertera di kertas anda dipajang di layar pengumuman. Perhatikan nomor antrian kamu sudah berada di counter berapa. Kalau sudah giliranmu maka datanglah ke counter itu. Disana kamu akan di registrasi, siapkan passport. Selama proses registrasi petugas akan bertanya keluhan penyakit mu. Dana kan diarahkan ke dokter yang mana, kalau kamu sudah punya nama dokternya silahkan minta diarahkan ke dokter tersebut.


Keenam, setelah registrasi selesai kamu akan diarahkan keruangan dokter untuk konsul, tapi ga  langsung masuk ya, lagi-lagi ikut nomor antri petugas yang di ruangan tersebut akan memanggil nama dan membagikan nomor antrianmu, menunggu lagi yaaa. Tidak perlu membawa dokumen-dokumenmu karena petugas tersebut akan membawa langsung kepada dokter.


Ketujuh, selagi menunggu kamu pasti bingung mau nginep dimana, jangan khawatir disana selalu ada saja orang-orang yang menawarkan jasa penginapan saat kalian menunggu. Letak penginapan juga ga jauh dari Rumah Sakit LWE. Silahkan pilih dengan kipas angin = RM 30, AC = 40 RM, AC dan kamar mandi di dalam = RM 50, jangan berhayal sebuah hotel ya. Yang kita sewa adalah kamar-kamar di rumah mereka (bentuk rumah mereka beritngkat sampai lantai 20 seperti apartemen) kita menyewa salah satu kamar dalam apartemen tersebut. Jadi tenang aja selagi kamu menunggu kamu akan ditawari penignapan.


Kedelapan, saat giliran kamu dipanggil konsul kamu akan ketemu dokter yang ramah pastinya dengan bahasa yang kita mengerti tapi aneh terdengar (gunakan bahasa inggris kalau kamu mau lebih jelas. Saat konsul tersebut dokter akan mengarahkan apakah kamu harus pemeriksaan darah, paru-paru, jantung atau pemeriksaan lainnya. Si petugas akan mengantar kamu harus kemana.


Kesembilan, untuk pemeriksaan biasanya kamu harus membayar biaya pemeriksaan terlebih dahulu di kasir farmasi baru mulai pemeriksaan. Kalau sudah selesai kembali lah menunggu keruang dokter untuk mendapat hasilnya (biasanya memerlukan waktu 1 – 3 jam tergantung jenis pemeriksaan) tidak salah kalau tanya petugas menunggu berapa lama, petugas akan menjawab dengan bahasa yang aneh terdengar itu.


Ada proses pemeriksaan yang bisa selesai dalam waktu satu hari tapi ada juga yang harus beberapa hari, yang jelas ikuti saja arahan mereka. Ga sulit koq,  petugas akan mengantar dan member arahan kita harus kemana. 

Kesepuluh, sampai dirumah/penginapan jangan khawatir, tempatnya bersih dan rapi.  Di rumah itu tersedia dapur dan kita bisa memasak disana, ada mesin cuci, televisi, meja makan. Layaknya rumah sendiri. Untuk memasak di dekat rumah sakit dan sekitar penginapan ada pasar tradisional disana, ga perlu ditawar karena harga sudah dicantumkan di setiap item, tinggal pilih dan bayar. Yang ga mau masak juga disekitar rumah sakit banyak tempat makan. Untuk yang muslim jangan khawatir banyak juga makanan halal. Tapi tetap hati – hati dan selektif ya milih makanan halal


Untuk soal biaya apakah ke Penang lebih murah, yupp lebih murah menurut hitung – hitungan. Ini dari pengalaman untuk pengobatan orang tuaku sendiri. Di Medan untuk obat selama 10 hari harus mengeluarkan 700 ribu coba kalikan 3 untuk satu bulan sudah Rp. 2.100.000, kalikan selama 3 bulan kurang lebih Rp. 6.300.000. Sementara di Penang untuk obat selama 3 bulan mulai dari tiket, penginapan, obat dan lain-lain hanya sekitar 3 – 4 juta. Lebih murah kan ???

Buat yang mau medical check up juga ada variannya juga macem – macem mulai dari RM 280 – 500 silahkan pilih. Tapi kalau mau medical check up puasa dulu ya untuk tes tes nya.
Nah buat kamu – kamu yang mau jalan-jalan biar ga ubek – ubek di rumah sakit terus silahkan main ke Komtar disana ada plaza perangin namanya. Dari RS LWE naik aja bus kesana ongkosnya RM 1,7.


Infonya udah cukup jelas. Aku tetep bangga dan cinta Indonesia tapi untuk kesehatan juga bukan urusan main-main dan kita bisa memilih. 

Semoga Bermanfaat dan Keep sporty serta Tetap jaga kesehatan !
Karena kesehatan itu mahal dan amat berharga.





8 comments:

  1. salam kenal admin, saya mau tambah infomasi kepada teman2 yang mau berobat di penang.


    Dokter di Penang memang berpengalaman dan pakar dalam bidangnya masing2,karena sebelum para dokter bekerja di RS swasta,para dokter harus wajib bekerja terlebih dahulu di RS pemerintah selama 5tahun untuk mendapatkan
    pengalaman.Jadi semua dokter di RS swasta sudah berpengalaman dan profesional karena kebanyakan para dokter lulusan dari luar negeri.


    Para dokter yang berprofesional dipenang tidak suka2 menangani kes penyakit yang bukan kepakaran mereka.Seperti dokter kanker mereka hanya menangani penyakit kanker saja.dokter jantung hanya menangani penyakit jantung saja,begitu juga dengan penyakit2 lain ditangani oleh dokter pakar masing2, ini akan mengurangkan risiko diagnosis yang salah.


    jika anda perlu pertanyaan sebelum ke penang atau bantuan untuk segala urusan sewaktu dipenang,dari airport ke RS (seluruh RS dipenang) dan penginapan,serta jalan2,anda dapat menghubungi kami sepasang suami istri di Penang.


    ERIN +60164269114 bisa whatsApp(istri orang indonesia) dan LEE +60164746757(suami orang penang)


    http://BerobatDiPenang.com


    email admin@berobatdipenang.com
    dengan begini anda dapat menghemat waktu dan segala urusan anda dapat berjalan dengan lancar dan teratur.


    ReplyDelete
  2. Tips Memilih Rumah Sakit
    • Dokter Spesialisasi :
    Pilihlah dokter yang sesuai dengan kebutuhan anda. banyak rekomendasi dokter, Anda bisa bertanya kepada teman atau bisa datang ke kantor perwakilan rumah sakit untuk di sarankan dokter apa yang cocok buat anda
    • Kemudahan konsultasi di luar jadwal :
    Terkadang ada hal-hal yang perlu kita konsultasikan ke dokter saat kita sudah kembali ke negara kita, seperti gejala atau komplikasi yang terjadi atau perubahan jadwal konsultasi berikutnya. Kemudahan konsultasi di luar jadwal pun menjadi penting. Sehingga kita perlu memastikan apakah dokter bisa memberikan konsultasi dan yang terpenting, apakah dia tanggap dalam merespon konsultasi kita.
    • Kemudahan komunikasi untuk pasien internasional
    Perlu diingat bahwa kita akan banyak melakukan komunikasi dengan pihak RS Sehingga ketika sampai di RS, kita tinggal menunggu panggilan konsultasi. Bila tidak, pastikan kita bisa dengan mudah menghubungi mereka melalui email dan mendapatkan respon yang tanggap.
    • Konsultasi financial
    Beberapa RS menyediakan konsultasi finansial sebelum perawatan dimulai. Hal ini penting agar kita memahami jenis perawatan yang akan dilakukan dan perkiraan biayanya.
    • Fasilitas pendukung
    Beberapa fasilitas RS yang sangat penting kita ketahui adalah ketersediaan penjemputan dari bandara ke RS atau sebaliknya. Beberapa RS memberikan fasilitas lebih untuk pasien dan keluarga yang menunggu seperti wifi dan tempat makan.
    • Akses transportasi umum
    Jika tidak ada kerabat di negara tersebut, besar kemungkinan kita menggunakan transportasi umum untuk menjangkau RS. Sebelum berangkat, pastikan kita mudah mengakses transportasi umum, seperti bus, MRT atau taksi, baik dari tempat tinggal maupun dari RS.
    • Jurnal yang diterbitkan
    Tidak semua website RS mencantumkan jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh dokter. Namun jika ada, ini membantu kita agar semakin yakin dengan dokter tersebut karena ini berarti dia aktif melakukan riset untuk kemajuan pengobatan.
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 - Indonesia.
    WA danang : +6281 331777697
    Line tasya : +6281 4026 2166
    Phone firda : +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hospital harus membantu sesama. tidak hanya mengobati org2 berduit.

      Delete
  3. Selamat sore, perkenalkan kami perwakilan *Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia*. kami adalah salah satu perwakilan di INDONESIA yang akan membantu memberikan informasi:

    1. Dokter Spesialis
    2. Jadwal Cuti Dokter
    3. Temu Janji Dokter
    4. Estimasi Biaya Berobat
    5. Penginapan
    6. Pengurusan Data Claim Asuransi
    7. Kekurangan Biaya Sewaktu Berobat
    8. Evakuasi Pesawat Ambulan
    9. Home Care Treatment
    10. DLL

    Semua pelayanan ini tanpa di pungut biaya (FREE), jika ada yang di tanyakan sila hubungi MARKETING REPRESENTATIVE INDONESIA
    Whatsapp 081-331-777-697
    Email mahkotargencysurabaya@gmail.com
    Facebook https://www.facebook.com/mahkotaregencysurabaya.mahkotaregencysurabaya
    Instagram https://www.instagram.com/mahkotaregencysurabaya/?hl=id

    ReplyDelete

  4. Kidney donor needed urgently at Apollo Hospital, we offer huge amount for one kidney only contact me via WhatsApp number: +918122208392 Email: apollohospitalkidneydep@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Kidney donor needed urgently at Apollo Hospital, we offer huge amount for one kidney only contact me via WhatsApp number: +918122208392 Email: apollohospitalkidneydep@gmail.com

    ReplyDelete

Info : Berobat Ke Penang, Malaysia